Musibah, penambah pahala atau penambah dosa?


Marilah kita jadikan musibah yang menimpa kita sebagai penambah pahala dengan cara bersabar, bersyukur, introspeksi diri dan berpikir kreatif. Jangan jadikan musibah sebagai alasan berbuat dosa seperti mengumpat, mendzalimi orang, atau bahkan bunuh diri.

Bersabar atas musibah yang diberikan Allah

  • Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’ (Al Baqarah:45)
  • Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar(Al Baqarah:153)
  • Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengatakan Inna LiLLahi wa Inna Ilaihi Rooji’uun. Mereka itulah orang yang mendapat keberkatan sempurna dari Allah dan mereka itulah orang yang mendapat petunjuk.(Al Baqarah:155-157)
  • Dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang yang benar (imannya; dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa)(Al Baqarah:177)
  • Yaitu orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap ta’at, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur (Ali Imran:17)

Bersyukur atas nikmat yang selama ini di berikan Allah

  • Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih (Ibrahim:14)

Perbanyak sedekah, insyaAllah Allah akan membalas dengan berlipat ganda

  • Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.(Al Baqarah:261)

Jangan sedih, sesungguhnya orang ber iman la khoufun wa la tahzan, tidak khawatir dan tidak pula bersedih hati

  • maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati (Al Baqarah:38)
  • Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.(Al Baqarah:62)
  • Barang siapa menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula (mereka) bersedih hati (Al Baqarah:112)
  • Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.(Al Baqarah:262)
  • Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.(Al Baqarah: 274)
  • Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al Baqarah:277)

Terus berdoa dan berusaha, optimis, Inna ma’al usri yusro, sesungguhnya dalam kesempitan ada kemudahan

  • sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (Alam Nasyrah: 5 & 6).

Wallahu a’lam bishowab

About abunajiyah
A Programmer

2 Responses to Musibah, penambah pahala atau penambah dosa?

  1. zakat says:

    Untuk kemudahan berzakat, sahabat bisa berkunjung ke http://www.bmh.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: