Pelecehan


Pelecehan

Hari ini, 9 April 2011, istriku mengalami pelecehan di angkutan umum, yaitu dikatai “Amrozi”. Begini ceritanya: Di dalam angkutan terdapat 3 penumpang, istriku dan sepasang laki-laki perempuan. Istriku mengenakan kerudung panjang berwarna hitam, dengan baju terusan juga berwarna hitam. Si laki-laki terlihat lusuh. Si perempuan berwajah oriental, berkulit putih, wajah tirus. Kemungkinanan keduanya adalah pasangan suami istri. Keduanya tertidur di dalam angkutan. Sampai di pertigaan setelah rumah sakit sidoarjo, keduanya terbangun, dan ternyata angkutan tidak melewati jalur yang hendak mereka tuju, bahkan tempat seharusnya berhenti pun sudah terlewati. Mereka hendak ke arah Rumah Sakit Siti Hajar, sedangkan angkutan tidak melalui jalan tersebut. Si penumpang perempuan protes kepada pak sopir angkutan. Sopir angkutan bilang bahwa angkutan tersebut memang tidak melewati Rumah Sakit Siti Hajar. Istri saya bilang kepada ibu tersebut bahwa angkutan ini ada dua macam, ada yang lewat RS Siti Hajar, dan ada yang tidak, opsional, mestinya ditanyakan dulu waktu naik.
Singkat kata ibu tersebut marah-marah kepada sopir angkutan.terjadi perdebatan, si penumpang perempuan membentak pak supir di bilang salah tapi gak mau ngaku Istriku bilang kepada pak sopir angutan biar sabar, malah kena semprot juga. Begini katanya :”Apa kamu lihat-lihat, Amrozi kamu tak pecok(bacok) kamu nanti, gak usah ikut urusan orang lain”
Dibilangi begitu istriku langsung membuang muka dan istighfar kok ada orang macam gitu dari awal dah keliatan gak beres , kepada suaminya sendiri ibu itu bilang mukanya kayak asu (anjing), istriku pindah tempat ke bangku depan, daripada terpancing emosi, walaupun kalau di ukur dari segi fisik istriku lebih menang.
Yang saya sorot disini adalah pandangan pukul rata terhadap golongan tertentu dalam masyarakat. Dalam hal ini, penampilan islami, dikatakan Amrozi. Hal ini adalah bentuk pelecehan, karena menyamakan kaum muslimin dengan identitas muslimnya dengan pelaku (ma’af) terror (terlepas dari permasalahan ideologi yang dianut oleh mendiang Amrozi, masyarakat mengenal nya karena permasalahan ini).

About abunajiyah
A Programmer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: